Rabu, 01 Mei 2013

LANGKAH – LANGKAH PENGINSTALAN SISTEM OPERASI LINUX


1.      1.  Siapkan alat dan bahan untuk menginstal open suse 11.3 seperti : computer, CD system operasi
2.      2.   Nyalakan computer dan masukkan CD OS-nya ke dalam CD / DVD drive. Kemudian tunggu hingga proses booting selesai.
3.      3.  Masuk ke proses instalasi


4.      4. Pada gambar diatas pilihlah Installation untuk melanjutkan proses instalasi melalui CD drive. Namun jika anda ingin melakukan proses instalasi melalui Harddisk, pilih Boot from harddisk       ( pilihan pertama). Setelah itu klik tombol ENTER.

5.      5.  Tunggu hingga proses load diatas selesai. Setelah itu, akan masuk ke layar initializing.

6.      6.  Pada tampilan layar dibawah ini anda bisa mengubah bahasa (Languange) dan keyboard layout (Tataruang papan tombol) computer anda. Dan juga terdapat License Agreement (persetujuan) antara user (pengguna) dengan system operasi linux open suse 11.3 yang anda install. Setelah anda setuju klik Next (alt + n).

7.      7.  Kemudian open suse akan melakukan proses penyelidikan pada system (system probing), tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya proses ini membutuhkan waktu ± 2-3 menit.


8.      8.  Setelah itu, anda akan masuk ke layar installation mode. Disana terdapat dua pilihan, yang pertama adalah New Installation yaitu untuk melakukan proses instalasi baru, dan yang kedua adalah Update yaitu apabila pada computer anda telah terdapat system operasi linux dan anda ingin memperbaharui nya (update). Tetapi karena saya akan menginstal system operasi linux open suse 11.3 untuk yang pertama kali, maka saya memilih New Installation. Kemudian klik Next (alt + n).

9.     9.   Setelah anda mengklik tombol Next, anda akan dibawa pada tampilan layar seperti dibawah ini
Pada tampilan layar seperti diatas, anda dapat mengatur region (daerah) dan time zone (zona waktu). Pilihlah region Indonesia dan time zone Jakarta. Setelah itu klik Next (alt + n).

10.   10.  Kemudian anda akan menemui tiga pilihan layar / desktop, yang pertama adalah GNOME desktop, yang kedua KDE desktop dan yang ketiga Other. Pilihlah tampilan desktop sesuai keinginan anda. Namun disini saya memilih KDE desktop karena tampilan layarnya lebih bagus dan lebih lengkap dari pada GNOME desktop. Seperti biasa, jika sudah memilihnya klik Next     (alt + n).

11.  11   Pada tampilan dibawah ini, klik edit partition setup apabila anda ingin merubah partisi harddisk anda dan create partition setup apabila ingin menulis partisi baru. Namun jika anda sudah mengatur partisi harddisk anda, maka langsung saja klik Next.

Ini adalah tampilan jika anda mengklik Edit partition setup

12.   12.  Setelah itu, Create New User (menulis user baru), masukkan nama lengkap anda pada kolom User’s Full Name dan masukkan nama user yang akan anda gunaka untuk login pada kolom Username. Jangan lupa memasukkan password yang akan anda gunaka untuk login. Setelah anda mengisi semua kolom, klik Next (alt + n).

 Jika muncul pesan “the password is too simple”, maka klik “yes” untuk melanjutkan proses instalasi.

13.  13.    Tunggu beberapa saat hingga proses installation setting dibawah ini selesai. Setelah selesai klik Next saja.



14.  14.   Proses instalasi fitur – fitur yang terdapat pada CD linux open suse 11.3. biasanya proses instalasi fitur ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Sambil menunggu, ambil cemilan biar ga bosan. Hehehe :D



15.  15.   Setelah proses instalasi fitur open suse 11.3 selesai, maka system akan me-reboot (restart) secara otomatis. Biarkan proses berjalan hingga selesai.


16. 16.    Kemudian system operasi akan melakukan konfigurasi otomatis. Tunggu hingga selesai.


17.     Inilah tampilan KDE desktop yang kita pilih tadi.

Sekian terima kasih.
Semoga bermanfaat.
Poskan Komentar